Naik Kereta Berkecepatan Tinggi dari Hong Kong ke Guangzhou di daratan Cina – Istirahat yang Lebih Baik

Pada bulan Februari 2019 selama perjalanan kami ke Hong Kong, kami mengambil kesempatan untuk melakukan perjalanan menyeberang ke Guangzhou di daratan Cina. Setelah penundaan enam tahun, layanan kereta api berkecepatan tinggi pertama telah dimulai dari Stasiun Kowloon Barat Hong Kong yang baru ke Cina daratan hanya beberapa bulan sebelumnya pada 23 September 2018, dan kami sangat antusias untuk mencoba rute kereta api berkecepatan tinggi baru ini dan melihat jika itu sepadan dengan menunggu!

Latar belakang

Meskipun secara resmi menjadi bagian dari Tiongkok, Hong Kong mempertahankan prosedur bea cukai dan imigrasi yang terpisah, yang berarti bahwa melintasi antara wilayah tersebut dan daratan adalah pengalaman yang serupa dengan bepergian ke luar negeri. Karena itu, sebagian besar opsi untuk melintasi perbatasan membutuhkan waktu yang cukup lama, seperti Jalur Kereta Timur ke perbatasan, “kereta lambat” ke berbagai kota seperti Guangzhou dan Shanghai, dan bus lintas batas.

Dibandingkan dengan opsi sebelumnya, kereta api berkecepatan tinggi adalah kesempatan yang fantastis dan efisien bagi para pelancong untuk bepergian antara Hong Kong dan Cina daratan, dengan layanan langsung yang menghubungkan Kowloon Barat ke Shenzhen dan Guangzhou, serta ke Beijing, Shanghai, dan tujuan daratan lainnya. Pelancong juga dapat terhubung ke mana saja di jaringan rel kecepatan tinggi China, atau lebih jauh ke jaringan rel trans-Siberia dari Beijing. Tidak seperti opsi lainnya, bea cukai dan imigrasi untuk Hong Kong dan Tiongkok daratan diselesaikan sebelum naik kereta, sehingga Anda dapat tiba di Tiongkok daratan seolah-olah Anda adalah pelancong domestik tanpa formalitas lebih lanjut, yang berarti kereta berkecepatan tinggi adalah pilihan yang benar-benar efisien .

Kereta Vibrant Express yang beroperasi antara Hong Kong dan Guangzhou

Sayangnya rute unik ini ditangguhkan pada Januari 2020 sebagai tanggapan terhadap pandemi virus corona, dan tetap demikian hingga April 2021. Antara stasiun kelas dunia, kereta berkualitas fantastis, dan transisi mulus antara Hong Kong dan China daratan, jelas bahwa banyak investasi masuk ke rute ini. Sangat menyedihkan bahwa itu berumur pendek dan mudah-mudahan dapat dilanjutkan sebelum terlalu lama.

Sesampainya di stasiun

Stasiun Hong Kong West Kowloon adalah pusat untuk semua layanan kereta api berkecepatan tinggi. Itu dapat dicapai baik dengan menggunakan layanan taksi/naik bersama, atau dengan naik kereta bawah tanah MTR. Stasiun West Kowloon terhubung langsung ke stasiun Austin di West Rail Line, dan jaraknya agak lebih lama (meskipun dengan penunjuk arah yang sangat baik) dari stasiun Kowloon di jalur Tung Chung.

Kami tiba di stasiun Austin dengan melakukan perjalanan dari Tin Hau, dengan transfer di stasiun Central dan Tsim Sha Tsui (dengan 5 hingga 10 menit berjalan kaki ke stasiun East Tsim Sha Tsui untuk yang terakhir). Petunjuk arah ke stasiun West Kowloon ditandai dengan baik di pintu keluar stasiun.

Pintu keluar ke Stasiun Hong Kong West Kowloon di Stasiun Austin

Setelah tiba dengan banyak waktu luang, kami mengambil kesempatan untuk naik lift ke atap stasiun, di mana salah satu pemandangan cakrawala Hong Kong terbaik dapat dilihat dari Sky Corridor yang baru. Kami juga memanfaatkan fasilitas penukaran mata uang untuk mendapatkan beberapa Renminbi China, menyadari sepenuhnya bahwa menemukan fasilitas perbankan yang ramah internasional bisa sangat sulit sekali di daratan.

Dapatkan tiket kami

Menavigasi stasiun

Setelah kami menyelesaikan tugas penting ini, kami menuju ke tempat tiket untuk mengambil tiket yang telah kami beli sebelumnya. Kami menyerahkan paspor dan rincian reservasi tiket kami di konter yang ditunjuk, dan segera diberikan boarding pass kami untuk perjalanan ke Guangzhou.

Pengambilan tiket

Melintasi perbatasan

Langkah selanjutnya setelah mengambil tiket adalah “menyeberangi perbatasan”. Sementara perbatasan secara hukum tetap menjadi Sungai Shenzhen, bagian dari Stasiun West Kowloon ditetapkan sebagai “Area Pelabuhan Daratan”, memungkinkan Anda untuk menyelesaikan formalitas imigrasi dan bea cukai untuk Hong Kong dan daratan sebelum naik kereta. Catatan penting pada titik ini adalah bahwa Anda memerlukan visa yang valid ke China yang telah diatur sebelumnya sebelum Anda tiba di stasiun. Tidak seperti beberapa titik masuk udara dan darat lainnya, tidak ada fasilitas untuk “transit bebas visa 144 jam”, “visa saat kedatangan” atau pengaturan lainnya pada tahap ini.

Paspor dan tiket kami berikan kepada petugas di gerbang keberangkatan dan kemudian tiket kami digunakan untuk melewati gerbang otomatis. Setelah ini, kami melewati pemeriksaan keamanan dengan tas kami, lalu mengikuti tanda “Keberangkatan” ke eskalator (daftar juga tersedia), yang membawa kami turun dari level B1 ke level B3.

Setelah keamanan, kami berjalan ke eskalator turun ke “area lintas batas”

Di level B3, kami memasuki “area terlarang lintas batas”, melewati formalitas imigrasi keberangkatan Hong Kong, lalu melintasi “perbatasan” antara “area pelabuhan Hong Kong” dan “area pelabuhan daratan”, di mana ada beberapa tugas toko gratis terbuka untuk pembeli yang tertarik. Kami kemudian melewati formalitas imigrasi dan bea cukai Tiongkok daratan.

Pinggiran”

Menuju ke bea cukai dan imigrasi daratan

Satu hal yang kami harap kami ketahui sebelumnya adalah bahwa kami perlu menyiapkan semua makanan dan minuman yang kami butuhkan untuk perjalanan sebelum melewati imigrasi. Pada Februari 2019, tidak ada fasilitas makanan dan minuman setelah menyelesaikan formalitas imigrasi dan bea cukai Tiongkok, meskipun ada ruang untuk membuka toko di masa depan.

Terminal keberangkatan dan lounge

Setelah menyelesaikan semua formalitas, kami memasuki ruang keberangkatan. Meskipun ada banyak kursi untuk bersantai di dalam ruang utama, kami telah menghabiskan banyak uang untuk bepergian di Kelas Satu. Karena itu, kami dapat menggunakan “Business Lounge” di lantai B2. Ruang tunggu bisnis menyediakan tempat duduk yang nyaman dan jauh lebih tidak ramai daripada ruang keberangkatan utama, tetapi sebaliknya agak jarang dengan hanya teh dan air yang tersedia, dan tidak ada makanan sama sekali.

Masuk ke lounge bisnis

Lounge bisnis yang nyaman namun jarang

15 menit sebelum waktu keberangkatan tiba saatnya untuk naik kereta. Pengumuman boarding disiarkan dalam bahasa Inggris, Kanton, dan Mandarin, dan dipajang di papan-papan di seluruh stasiun. Boarding ditutup lima menit sebelum keberangkatan. Setelah melewati gerbang keberangkatan, kami naik kereta dan menuju kabin First Class.

Di kereta

Depan kelas satu

Baik kereta api kecepatan tinggi bermerek CRH daratan standar dan kereta “Vibrant Express” milik MTR beroperasi antara Hong Kong dan Guangzhou. Dalam kasus kami, kami telah memesan Vibrant Express karena kami telah melakukan perjalanan dengan kereta CRH berkali-kali dalam perjalanan sebelumnya di daratan Cina.

Kabin kelas satu

Kereta Vibrant Express memiliki kabin kelas satu dan dua. Karena kereta masih baru, kedua kelas sangat memadai dan sangat nyaman untuk perjalanan singkat. Kursi kelas kedua memiliki ruang kaki yang lebih sedikit dan diatur dalam konfigurasi 3-3. Kelas pertama sebagian besar dikonfigurasi dalam konfigurasi 2-2 dengan lebih banyak ruang kaki. Namun, ada “Front first class” tepat di belakang ruang pengemudi yang bisa dibilang lebih unggul dengan ruang kaki yang lebih luas, kursi yang lebih sedikit (hanya 6 dalam konfigurasi 2-1) dan tidak ada penyimpanan di atas kepala untuk memberikan nuansa yang lebih lapang. Kami telah diberitahu tentang kabin kelas satu khusus ini dan telah berhasil mendapatkan beberapa tiket melalui sistem pemesanan online. Karena harganya sama dengan kabin kelas satu utama, kami sangat merekomendasikan kabin “kelas depan” ini jika Anda dapat menemukan tiket.

Kereta berangkat tepat waktu sesuai jadwal, dan selama 15 menit pertama kami melakukan perjalanan melalui terowongan yang tampaknya tak berujung dengan kecepatan sekitar 200km/jam. Namun, tidak lama kemudian, kami muncul di siang hari lagi dan mendapati diri kami sudah tiba di stasiun Shenzhen Utara – kami secara resmi berada di daratan Cina! Setelah berhenti sebentar dan bertukar penumpang (kebanyakan berangkat daripada naik), kami melanjutkan perjalanan. Ada sejumlah perhentian lain yang tersedia di rel kecepatan tinggi antara Shenzhen dan Guangzhou, namun kami menggunakan layanan ekspres yang non-stop di antara kedua stasiun ini. Meninggalkan Shenzhen, kereta api dapat melaju ke daratan dengan kecepatan maksimum 300km/jam, dan setelah 30 menit melalui lanskap pinggiran kota dan semi-pedesaan di salah satu wilayah terpadat di dunia dan kami tiba di stasiun Guangzhou Selatan . Berangkat dari kereta, satu-satunya persyaratan adalah memindai ulang tiket kami dan kami bebas menuju stasiun dan turun ke stasiun kereta bawah tanah Guangzhou South yang membawa kami ke akomodasi kami di Guangzhou.

Kembali ke Hongkong

Kami akhirnya menghabiskan empat hari di Guangzhou, menikmati pegunungan, festival lentera yang ada pada saat itu, dan tentu saja semua makanan menakjubkan yang ditawarkan Guangzhou. Akhirnya, tiba saatnya untuk kembali ke Hong Kong untuk hari terakhir perjalanan kami. Dibandingkan dengan berangkat dari Hong Kong, kembali dari daratan Cina adalah urusan yang agak lebih mudah. Kami sudah memiliki tiket seperti yang telah disediakan, jadi kami tiba di stasiun Guangzhou Selatan sekitar setengah jam sebelum waktu keberangkatan kami.

Sekali lagi, kereta naik sekitar 15 menit sebelum keberangkatan. Untuk perjalanan pulang kami telah memesan kelas dua, yang seperti yang disebutkan sebelumnya sangat memadai, sangat bersih dan cukup nyaman, meskipun hampir terisi penuh.

Kabin kelas dua

Kereta membawa kami kembali ke Hong Kong hanya dalam 45 menit, hanya dengan satu pemberhentian di Shenzhen sekali lagi. Sesampainya kembali di stasiun West Kowloon, kami naik eskalator ke lantai B2, tempat kedatangan. Menyelesaikan bea cukai dan imigrasi untuk Cina daratan dan Hong Kong, kami sekali lagi bebas menjelajahi stasiun dan sekitarnya. Ruang kedatangan memiliki sumber daya yang jauh lebih baik daripada rekanan daratannya, dengan ATM, fasilitas pertukaran, dan petunjuk arah yang ditandai dengan baik untuk naik taksi atau kereta api ke tujuan berikutnya. Mengesankan, itu juga memiliki fasilitas check-in untuk Bandara Internasional Hong Kong, dan Anda dapat dengan mudah berjalan melalui jalan layang tertutup ke Stasiun Kowloon, dari mana Anda dapat naik kereta Airport Express ke bandara. Setelah mendapatkan lebih banyak uang, kami menuju ke tempat taksi untuk melakukan perjalanan ke akomodasi terakhir kami di Hong Kong.

Secara keseluruhan, rel kecepatan tinggi dari Hong Kong ke daratan Cina adalah pengalaman yang sangat baik di kelas satu dan dua. Selain efisiensi kereta itu sendiri, infrastruktur stasiunnya berkelas dunia dan jelas merupakan hasil dari perencanaan dan investasi yang cermat selama bertahun-tahun untuk menghubungkan wilayah-wilayah ini dengan lebih baik. Beberapa kendala tetap ada ketika kami bepergian, seperti kurangnya makanan atau minuman setelah melewati imigrasi di sisi Hong Kong, persyaratan untuk visa China lengkap daripada opsi bebas visa yang tersedia saat terbang atau naik “kereta lambat” melintasi perbatasan, dan kurangnya fasilitas perbankan yang ramah internasional di stasiun Guangzhou Selatan. Tidak diragukan lagi ini akan diselesaikan dalam waktu yang tepat, dan ini akan menjadi pilihan perjalanan yang sangat baik ke masa depan.

Terima kasih telah membaca tentang pengalaman kami naik kereta api berkecepatan tinggi dari Hong Kong ke Cina daratan. Pastikan Anda membaca artikel Hong Kong kami yang lain – 5 pengalaman terbaik di Kowloon, Hong Kong, dan 5 pengalaman luar biasa di Hong Kong. Dan pastikan untuk berkomentar di bawah – apa pengalaman kereta berkecepatan tinggi favorit Anda?