Menjalankan Canberra Marathon – Istirahat yang Lebih Baik

Canberra: “Kota kecil” terbesar di Australia, dan rumah bagi danau yang indah, pegunungan, padang semak… dan tentu saja beberapa politisi yang datang berkunjung beberapa minggu dalam setahun. Namun jangan biarkan reputasi menipu Anda, dengan kepadatan penduduk yang relatif rendah serta jaringan jalur dan jalur yang lengkap, Canberra bisa dibilang salah satu kota terbaik untuk menjadi pelari di Australia.

Latar belakang

Peta kursus Canberra MarathonPeta jalur – Gambar: SoleMotive

Canberra Marathon adalah acara unggulan dari Australian Running Festival, acara lari on-road terbesar di ACT. Ini biasanya diadakan dalam beberapa minggu pertama bulan April dalam dua hari, dengan jarak yang lebih pendek pada hari Sabtu dan setengah maraton dan lebih tinggi pada hari Minggu. Menjadi awal April, cuaca bisa sedikit tidak terduga – beberapa tahun benar-benar sempurna, sementara yang lain sangat berangin dengan hujan dingin. Meskipun demikian, jika Anda cukup beruntung untuk berada di sana selama salah satu hari Musim Gugur yang klasik di Canberra, Anda tidak hanya akan menemukan kondisi lari yang sempurna tetapi juga pemandangan luar biasa dari pemandangan paling menakjubkan yang ditawarkan Canberra. Saya menjalankan Canberra Marathon pada bulan April 2018 pada hari yang sedikit mendung dan berangin, tetapi tetap memiliki waktu yang fantastis di jalur yang menantang.

Hampir disana

Canberra Marathon dimulai dan diakhiri di King George’s Terrace di depan Gedung Parlemen Lama di Segitiga Parlemen. Untuk warga Canberra lokal dan mereka yang tinggal di luar Triangle, ada banyak tempat parkir yang tersedia di lokasi, meskipun pastikan untuk membiasakan diri dengan pengaturan penutupan jalan agar tidak terjebak! Bagi mereka yang datang dari luar kota, ada banyak akomodasi yang tersedia di area ini, meskipun berada di area premium, harganya bisa mahal. Pilihan akomodasi terdekat jika Anda memiliki sarana adalah Hyatt Hotel Canberra, hanya berjalan kaki singkat melalui jalan bawah tanah untuk sampai ke area awal, dengan biaya sekitar AUD$300 per malam. Untuk pilihan yang lebih murah, ada banyak pilihan akomodasi di pinggiran Kingston dan Braddon terdekat, meskipun Anda mungkin memerlukan mobil atau Uber untuk mencapai garis start, atau sebagai alternatif, Anda mungkin dapat memanfaatkan tempat populer Canberra menyewa e-skuter. Seperti halnya maraton lainnya, saya sarankan untuk datang lebih awal pada hari sebelum perlombaan sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk membiasakan diri dengan lintasan, mengambil oto Anda, dan melihat festival.

Hari balapan

Untuk balapan 2018, saya tiba di area awal festival sekitar satu jam sebelum waktu mulai 06:25. Cuaca mendung, berangin dan hanya sedikit hujan di sana-sini, padahal cuaca cukup menyenangkan. Sepatu pilihan saya untuk hari itu adalah Nike Epic React Flyknits – bukan sepatu maraton Next% yang sempurna yang telah kami sukai selama bertahun-tahun, tetapi pilihan yang solid untuk jarak. Saat saya mengemudi, tidak perlu menjatuhkan tas apa pun untuk balapan ini. Setelah beberapa pemanasan dan istirahat toilet pra-maraton yang diperlukan, saya membiasakan diri dengan kursus, memeriksa tali sepatu saya dan berbaris untuk garis start. Saya mencoba untuk memposisikan diri saya dekat dengan pacer 3:30 – saya tidak berpikir saya akan berada dalam posisi untuk berlari 3:30, namun sepertinya target kecepatan yang masuk akal untuk dicita-citakan. Dengan kontingen lari lebih dari 1.000 pelari dalam jarak 42 kilometer, cukup mudah untuk menyemai diri di titik awal yang tepat. Pukul 06.25, setelah beberapa kata motivasi dari penyiar, pistol start berbunyi dan kami memulai balapan.

Garis awal

Beberapa kilometer pertama melibatkan berlari di sekitar Gedung Parlemen Lama, ke mal federasi dan di sekitar Gedung Parlemen sebelum turun ke mal lagi dan menuju ke danau. Awal balapan menjadi bukit yang cukup curam dan panjang, itu adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan bantalan saya dan mengambilnya dengan baik dan mudah – saya yakin sangat mudah untuk lelah nanti dalam balapan jika Anda mengambil bagian ini terlalu keras . Di danau kami melampaui batas 5 km, lalu bergabung kembali dengan jalan menuju ke Telopea Park – taman sepanjang 1 km yang menghubungkan pinggiran selatan-selatan Barton dan Kingston. Jalur ini melewati taman sepanjang sisi barat sebelum melakukan putaran penuh Telopea Park School (sekolah bilingual francophone pertama dan mungkin satu-satunya di Canberra) – bagian berbukit lainnya. Setelah ini, jalur kembali ke Segitiga Parlemen untuk melewati tanda 10km tepat di dekat garis start – waktu yang tepat untuk mengambil gel isotonik dari Science in Sport, tetapi secara keseluruhan saya merasa cukup baik dengan alat pacu jantung 3:30 di penglihatan dan kecepatan rata-rata hanya di bawah 5 menit per kilometer.

Dari sana, jalur kemudian menuju Gedung Parlemen ke Kings Avenue dan berbelok ke jalan lingkar luar di sekitar Parlemen yang dikenal sebagai State Circle. Kings Avenue memiliki bukit lain, meskipun tidak setajam yang pertama menuju Gedung Parlemen, lalu turun ke State Circle, diikuti dengan pendakian yang cukup curam ke awal Adelaide Avenue. Adelaide Avenue sendiri merupakan turunan bertahap (dan cukup disambut, setelah pendakian State Circe itu!) sebelum berbelok ke kanan ke Sirkuit Hopetoun saat jalurnya melewati pinggiran kota Yarralumla, distrik kedutaan yang rimbun di ibu kota. Jalurnya tetap datar, meskipun sedikit bergelombang, saat kami menempuh jarak 20 km dengan perjalanan keluar dan kembali ke Weston Park, rumah dari balon udara yang spektakuler dan tentu saja, Parkrun yang sangat populer. Saya mengambil gel lain dan mengambil keuntungan dari stasiun minuman pada tanda 20km (seperti yang saya lakukan setiap 4 atau lebih kilometer saat mereka diposisikan) dan secara keseluruhan merasa sangat nyaman, mempertahankan kecepatan saya yang ditetapkan sebelumnya hanya di bawah 5 menit per kilometer. Kami melintasi titik tengah – 21,1 km – saat kami berlari di sepanjang Alexandrina Drive di tepi danau antara Yarralumla dan Parliamentary Triangle.

Beberapa kilometer berikutnya berlanjut di sepanjang tepi danau dan di sekitar tanda 24 km saya melihat tanda manis Commonwealth Avenue Bridge, dalam lebih dari satu cara menandakan fase kedua balapan. Saya mengatakan lebih dari satu cara karena itu tidak hanya berarti bahwa kami akan menyeberangi jembatan dan meninggalkan daerah pinggiran yang relatif tertutup angin di selatan dalam, tetapi ini juga merupakan titik di mana jalur tersebut digabungkan dengan jalur setengah maraton. Sayangnya untuk orang-orang dengan kecepatan saya, ini berarti bergabung dengan pelari setengah maraton yang jauh lebih lambat dan lebih banyak – sekitar 7 menit per kilometer, pada awalnya, memaksa banyak meliuk untuk menghindari mereka.

Saya menemukan diri saya mengambil langkah sedikit tanpa banyak usaha, mencatat langkah di 4:40 ketika kami mendekati jembatan. Setelah melintasi jembatan, jalur turun dan menuju ke barat sepanjang Parkes Way. Sementara saya masih merasa baik, di sinilah segalanya mulai terasa sulit. Angin tak henti-hentinya menerpa wajahku berkilo-kilometer, dan perbukitan terjal. Terlebih lagi, saya mendapati diri saya terus-menerus harus berbelok di sekitar pelari yang lebih lambat. Sebagai catatan, saya tidak menentang pelari lambat atau pelari berjalan, mereka melakukan pekerjaan luar biasa hanya dengan berada di sana, tetapi saya merasa mungkin ada pemisahan yang lebih baik untuk menghindari kemacetan lalu lintas, tabrakan, dan frustrasi umum. Meskipun demikian, saya dapat mempertahankan kecepatannya kurang lebih, mungkin menurun hingga 5:00 detik per KM. Pelari setengah maraton memang memiliki titik putar balik lebih awal daripada pelari maraton, jadi kami memang memiliki beberapa kilometer dengan hanya pelari maraton penuh, tetapi angin dan bukit tetap ada. Pada tanda 28km, tepat ketika jalur terpisah, saya mengambil keuntungan dari gel lain, lalu akhirnya mencapai titik balik di 29km. Untuk kilometer berikutnya saya menikmati angin di punggung saya (meskipun tidak pernah sama menguntungkannya dengan angin sakal yang merugikan), dan akhirnya melewati tanda 30km dengan waktu rata-rata lebih dari 5:00 per km, mengambil keuntungan dari minuman stasiun saat saya melewati tanda.

Sementara kondisi sulit telah selesai dan saya bertahan tanpa kehilangan kecepatan yang berarti, kondisi itu tentu saja menyebabkan penurunan yang cukup besar pada bentuk saya dan ini mulai terlihat dari tanda 30km dan seterusnya. Saya tidak akan mengatakan saya menabrak ‘dinding’ seperti itu, tetapi saya tentu saja merasa semakin sulit untuk mempertahankan kecepatan saya. Meskipun demikian, saya terus ke timur di sepanjang Parkes Way dan mencatat kecepatan dalam kisaran 5:00 hingga 5:10 di sepanjang jalan menuju tanda 36km, titik balik berikutnya. Tanda 36km merupakan awal dari “fase” akhir balapan, dan tentu saja salah satu yang akan membuat Anda menderita jika Anda tidak menyimpan cukup bahan bakar di dalam tangki sampai sekarang.

Pada tanda 36km, mengambil giliran, saya mengambil kesempatan untuk memiliki gel lain saat kami menuju ke Kings Avenue Bridge. Di antara kelelahan, bukit menuju jembatan, dan penurunan bentuk akibat kondisi sulit di Parkes Way menuju barat, di sinilah langkah saya benar-benar mulai menurun. Dalam tikungan yang kejam dan agak mendemotivasi, tanda 37km hanya lebih dari satu kilometer jauhnya dari garis finish – namun jalur ini membawa Anda pada perjalanan lain di sekitar Taman Telopea untuk menyelesaikan 42km. Saya mencatat beberapa kilometer lagi dalam kisaran 5:20 hingga 5:30, lalu turun ke kecepatan 5:45 untuk kilometer ke-40. Saya mengambil gel lain sebelum melakukan putaran lain di Telopea School dengan kecepatan sekitar 5:40, dan melanjutkan langkah ini selama dua kilometer terakhir saat kami kembali ke Segitiga Parlemen untuk garis finis.

Garis finish

Akhirnya, kehabisan tenaga, saya mendapati diri saya membawa tubuh saya ke bawah jembatan dan masuk ke zona garis finis, berhasil menarik satu kilometer terakhir dengan kecepatan sekitar 5:30. Melewati jalan dan memasuki 200 meter terakhir menuju finis, hanya beberapa meter dari garis start yang telah kami tinggalkan beberapa jam sebelumnya, saya menarik beberapa upaya terakhir dari sorak-sorai kerumunan yang berbaris di jalur menuju garis. Saya akhirnya melewati batas dengan waktu kurang dari 3 jam 40 menit dengan pembacaan kurang dari 43 kilometer di jam tangan saya – saya telah melakukan zig-zag sedikit di sepanjang jalan! Setelah melewati batas, saya disuguhi medali wajib finishers serta buah, air, dan minuman isotonik – semuanya dengan senang hati saya terima.

Jalan menuju garis finish

Secara keseluruhan, Canberra Marathon bukanlah maraton kota besar, dan tidak berpura-pura. Tetapi ini adalah jalur yang benar-benar indah, terkadang menantang dengan beberapa rintangan strategis untuk memisahkan yang tidak siap dari yang siap. Selain itu, kehangatan keramaian di sepanjang jalan – termasuk penonton yang menonton dari rumah mereka di bagian pinggiran lapangan – menjadikan pengalaman yang luar biasa di kota kecil yang besar ini!

Terima kasih telah membaca sampai akhir, saya harap Anda menikmatinya. Jika Anda menikmati pengalaman balapan ini, pastikan untuk melihat blog lari kami yang lain, khususnya pengalaman Melbourne Marathon kami. Jangan ragu untuk berkomentar di bawah dengan pengalaman Anda sendiri tentang Canberra Marathon, dan pastikan untuk menyukai dan mengikuti blog kami serta media sosial kami (Twitter, Instagram, Facebook). Selamat tinggal untuk sekarang!