Berenang dengan Pari Manta – Ningaloo Reef, Australia Barat – Istirahat yang Lebih Baik

Selamat datang di seri posting blog baru kami yang pertama di perjalanan kami baru-baru ini ke Australia Barat! Pada bulan Desember 2020, setelah pembukaan perbatasan domestik, kami cukup beruntung untuk menghabiskan tiga minggu di negara bagian paling terpencil (dan mungkin paling jarang dikunjungi) di Australia. Kami sangat senang bisa membawakan Anda kisah petualangan kami di WA. Dari garis pantai Ningaloo Reef yang menakjubkan, jalan pedalaman gurun yang keras dan surealis, dan pemandangan alam Kalbarri yang luar biasa, hingga ke kilang anggur, gua, dan makanan lezat di Perth dan Margaret River, Australia Barat tentu harus ada di daftar ember dari setiap wisatawan petualang! Artikel pertama ini menampilkan salah satu sorotan sejati dari perjalanan kami, berenang dengan pari manta di lepas pantai Coral Bay, sebuah kota kecil di Ningaloo Reef, terumbu karang Australia yang kurang dikenal (tapi bisa dibilang lebih menakjubkan).

Apa itu Terumbu Ningaloo?

Australia Barat memiliki garis pantai yang menakjubkan di mana lanskap kering bertemu dengan perairan pirus yang jernih. Ningaloo Coast adalah Situs Warisan Dunia dan membentang sekitar 300 km di sepanjang pertengahan utara garis pantai Australia Barat. Ningaloo Reef terkenal dengan migrasi hiu paus tahunan dan kehidupan laut yang kaya termasuk pari manta, duyung, paus bungkuk, lumba-lumba, penyu dan banyak spesies ikan dan karang.

Penyu di Ningaloo Reef Coral BayPenyu di Ningaloo Reef – Foto: Alex Kydd

Kami mengunjungi Ningaloo Reef pada Desember 2020 dan tinggal di Exmouth dan Coral Bay. Kedua lokasi ini memiliki terumbu karang yang luas di dekat pantai sehingga sangat mudah diakses dan populer di kalangan perenang snorkel dan penyelam. Saat kami mengunjungi saat musim sepi ketika paus bungkuk dan hiu paus sedang berada di luar kota, masih banyak kehidupan laut dan karang yang bisa dilihat. Khususnya, pari manta ditemukan dalam jumlah yang dapat diandalkan sepanjang tahun di Coral Bay.

Snorkeling di Ningaloo Reef Coral BaySnorkeling di Ningaloo Reef – Foto Alex Kydd

Mengapa berenang dengan pari manta?

Berenang dengan pari manta adalah pengalaman yang ajaib. Pari manta ditemukan di sekitar garis pantai Australia biasanya di perairan tropis dan sub-tropis, seperti Australia Barat dan Queensland. Pari manta memiliki sirip dada besar yang membentang hingga 7 meter yang memungkinkan mereka meluncur dengan mudah di air. Pari manta juga suka menunjukkan kemampuan akrobatiknya dengan cara berjungkir balik dan sesekali menembus permukaan.

Pari manta lembut dan ingin tahu dan sering berenang dekat dengan manusia. Tidak seperti ikan pari, pari manta tidak memiliki duri yang menyengat di ekornya sehingga relatif tidak berbahaya. Fitur menarik lainnya adalah sirip berbentuk tanduk di dekat mulut mereka yang digunakan untuk mengarahkan plankton untuk menyaring melalui insang mereka. Secara keseluruhan, sungguh suatu kehormatan untuk berenang di hadapan pari manta dan pertemuan bawah laut yang benar-benar tak terlupakan jika Anda beruntung memiliki kesempatan.

Manta Ray Ningaloo Reef Coral BayPari manta – Foto: Alex Kydd

Tur sehari penuh dengan Coral Bay Eco Tours

Ada sejumlah operator tur laut yang dapat dipilih di Coral Bay. Kami pergi dengan Coral Bay Eco Tours karena ulasan peringkat tinggi, pengalaman tur, dan fokus pada keberlanjutan. Untuk tur sehari penuh (6 jam), biaya normalnya adalah AUD$210 (USD$160), namun kami bisa mendapatkan diskon musim sepi sebesar 10%. Pada hari tur, kami tiba di kantor mereka pada pukul 7.30 pagi di mana kami check in, bertemu dengan kru yang ramah dan dilengkapi dengan peralatan snorkeling. Dari sana kami naik bus mini dan dibawa ke dermaga, sekitar 7 menit perjalanan. Setelah kami naik ke kapal, kami diberi pengarahan keselamatan dan berangkat ke situs snorkeling pertama kami.

Perahu lompat teluk karang Ningaloo reefMemulai petualangan bawah laut – Foto: Alex Kydd

Tidak lama kemudian kami tiba di lokasi snorkeling pertama dan menambatkan perahu. Kami memakai peralatan snorkeling kami dan melanjutkan ke bagian belakang kapal siap untuk petualangan bawah air kami. Dengan semua orang di dalam air, kru memandu kami melewati dunia akuatik yang menakjubkan. Kami snorkeling melalui hutan karang yang hidup melewati banyak kehidupan laut termasuk hiu karang, berbagai jenis ikan, ikan pari dan kura-kura.

Berenang bersama Penyu Ningaloo Reef Coral BayBerenang bersama penyu di Ningaloo Reef – Foto: Alex Kydd

Setelah sekitar 40 menit di perairan antara dua lokasi snorkeling, kami diberitahu bahwa pari manta telah terlihat oleh pesawat pengintai. Pesawat pengintai digunakan oleh banyak operator tur untuk membantu menemukan dan mengarahkan perahu ke satwa liar, memaksimalkan kesempatan Anda untuk bertemu. Kami segera memakai peralatan snorkeling kami dan melompat ke laut. Sayangnya, pari manta tidak terbuka untuk berinteraksi dengan kami dan berenang dengan cepat. Meskipun ini sedikit mengecewakan, kami menghargai rasa hormat yang ditunjukkan kru terhadap satwa liar dan berhati-hati untuk tidak membuat mereka kewalahan.

Kami semua kembali ke kapal dan menunggu berita tentang penampakan lain. Setelah sekitar 30 menit, kami diberitahu bahwa pari manta lain ada di dekatnya. Dalam waktu singkat kami kembali ke air dan kru memandu kami ke tempat pari manta berenang dengan anggun. Kali ini pari manta terbuka untuk ditemani dan bahkan menunjukkan sedikit pertunjukan bagi kami dan melakukan beberapa backflip penuh atau ‘barrel roll’ di bawah permukaan. Kami menjaga jarak setiap saat memberi ruang bagi pari manta sehingga terasa nyaman.

Manta Ray Ningaloo Reef Coral BayPari manta di Ningaloo Reef – Foto: Alex Kidd

Kami berenang dengan pari manta selama sekitar 30 menit sebelum ia meluncur pergi. Setelah semua orang kembali ke kapal, kami diberi makan siang yang kami syukuri karena jumlah berenang yang kami lakukan hari itu. Dalam perjalanan kembali ke dermaga kami disuguhi dengan sekelompok lumba-lumba dan beberapa kura-kura yang berenang di dekat kapal, mengakhiri hari yang luar biasa.

Sebagai tambahan, biasanya operator tur laut mengontrak fotografer untuk mengambil gambar sepanjang hari dan menawarkannya kepada tamu dengan harga sekitar $50. Kualitas fotografer dapat menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan ketika memutuskan antara operator tur. Fotografer kami yang luar biasa, Alex Kydd, mengambil beberapa bidikan kehidupan laut yang menakjubkan. Belakangan kami mengetahui bahwa Alex telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi untuk fotografi lautnya, yang tidak mengherankan mengingat kualitas karyanya – seperti yang dapat Anda lihat dari beberapa foto yang kami sertakan dalam artikel ini. Anda dapat melihat instagram Alex di sini.

Penyu di terumbu karang Ningaloo reef coral bayPenyu beristirahat di Ningaloo Reef – Foto: Alex Kydd

Waktu kami berenang bersama penyu, hiu karang, dan pari manta di Coral Bay adalah pengalaman yang luar biasa dan ajaib. Kami akan sangat merekomendasikannya jika Anda memiliki kesempatan, dan khususnya kami akan merekomendasikan Coral Bay Eco Tours untuk pengalaman yang tiada duanya. Kami harap Anda menikmati membaca tentang pengalaman ini. Pastikan untuk berkomentar di bawah – apa pengalaman laut favorit Anda? Juga pastikan untuk mengikuti kami di blog kami serta di media sosial (Twitter, Instagram, Facebook). Kami berharap dapat memberikan Anda lebih banyak pengalaman kami di Australia Barat segera!